Saturday, 15 June 2013

Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Jember

koperasi mahasiswa universitas jember

Tau nggak sih kalau Unej memiliki Koperasi Mahasiswa (KOPMA)? Bukan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Unej yang di Jalan Kalimantan itu lho ya. Beda. Universitas Jember ternyata memiliki sebuah koperasi yang digarap oleh mahasiswa sendiri. Saya masih sempat melihat koperasi ini buka saat awal kuliah dulu, sekitar tahun 2008. Waktu itu Kopma Unej berada di Jalan Jawa, kalau gak salah di ruko depannya IKIP PGRI, kalau dari arah bundaran DPR letaknya di kiri jalan. Di dalam sebuah ruko yang sederhana itu kegiatan ber-koperasi berjalan. Dan pegawai atau yang melayani para konsumen tak lain adalah mahasiswa Unej sendiri. Namun, perjalanan tidak semulus yang diharapkan. Mulai tahun 2009 KOPMA menghilang entah kemana.

Siapa Saja yang Berhak Mengelola KOPMA?

Ceritanya begini, mahasiswa Universitas Jember wajib membayar iuran simpanan pokok koperasi. Yang wajib membayar itu hanya sampai angkatan 2009 saja dan adik tingkatannya sudah tidak diwajibkan untuk membayar simpanan pokok lagi.
Seperti kutipan wawancara saya dengan Anis Lotus, blogger dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, berikut ini.

(S= Sodhunk, A=Anis)
S: “Nis, aku mau tanya-tanya tentang kopma, boleh?”
A: “Iya boleh, tapi aku pengurus baru, belum begitu paham. Tapi tak bantu sebisaku ya.. hehe”
S: “Okee. pengurus sekarang ini kebanyakan angkatan berapa nis?"
A: “semua angkatan 2009. Angkatan 2008 udah gak ada kabar katanya. Kan udah banyak yg lulus."
S: “Owhh.. yang 2010 gak masuk?"
A: “Nggak, soalnya angkatan di bawah 2009 udah gak di wajibkan lagi bayar simpanan pokok. Makanya yag berhak ngelola uang kopma ini cm sampe 2009 aja."

Jadi, yang berhak untuk mengelola uang KOPMA Unej yang menganggur karena ditinggal kakak angkatannya adalah teman-teman dari angkatan 2009 saja karena mereka sudah membayar simpanan pokok.

Kelanjutan KOPMA Unej Sekarang Bagaimana?

Menindak lanjuti (sihh, gaya rek bahasane) ketidakjelasan nasib dari Kopma ini, Pembantu Rektor III Universitas Jember bersama beberapa perwakilan mahasiswa angkatan 2009 mengadakan rapat luar biasa untuk membentuk kepengurusan kopma yang baru. Dan akhirnya pengurus baru pun terbentuk. Semuanya adalah mahasiswa Universitas Jember angkatan 2009.

Pengurus baru ini hanya menunggu SK dari Rektor Universitas Jember untuk meresmikan mereka sebagai pengelola koperasi mahasiswa. Oiya, bangunan koperasi yang awalnya ada di Jalan Jawa juga akan dipindah, KOPMA akan menempati salah satu bangunan di Kampus Center (Jalan Kalimantan).

Nah, sekarang kalian sudah tau kan kalau Unej memiliki Koperasi Mahasiswa?
Untuk para pengurus KOPMA Unej yang baru, semoga kalian bisa mengembangkan koperasi ini sesuai dengan tujuan awal kalian. Pengalaman yang warna-warni akan kalian peroleh di sana.. Salam hangat dari Sodhunk... Salam lestari.!

Catatan Kecil:
- Anis Lotus adalah Bendahara 1 KOPMA Unej yang baru, saya mengenalnya dari Blog. Terimakasih Nis informasinya. :-)
- Artikel sederhana tentang KOPMA Universitas Jember ini saya ikutkan dalam Lomba Blog Universitas Jember.

15 comments:

  1. sama-sama :)
    tapi ada catatan dikit...
    jabatan bisa berubah, itu cuma sementara. jadi kalo nanti kopma jalan, bisa jadi saya bukan bendahara 1 lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... Anis bisa jadi ketuanya ya. :-)

      Semangat ya Nis, nyawa Kopma ada di tangan muuu.. :D

      Makasih infonya tentang kopma unej kemarin ya.

      Delete
  2. Bagus sekali. Setuju ayas sam

    Selain bisa belajar management tentunya koperasi adalah wadah lain dalam pengembangan belajar para mahasiswa ya kan?

    Tetap bersemangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni dia yang sudah malang melintang di dunia perkoperasian, Kang Jaswan..hehehe
      Iya betul sekali itu, memang tempat untuk belajar selalu ada dimana saja kang. :-)

      Mari belajar lagi...

      Delete
    2. Aduh jadi ulam ayas.

      *ting melek meremin mata

      Delete
  3. aku malah sek gk paham opo koperasi iku -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. koperasi iku, intine kerjo bareng-bareng Put.hehehe (Iyo taa?)

      Delete
  4. jadi inget pas mahasiswa dulu, emang gak seru jadi mahasiswa kalo gak aktif di salahs atu UKM. kopma salh satunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti sayur tanpa garam, katanya...hehhehe

      Salam kenal Mas Rusydi,

      Delete
  5. Replies
    1. ayo, ikut mendukung berdirinya kopma :)

      Delete
  6. maaf sebelumnya mas/mbak, saya yusufi dari teknik sipil unej 2011, sekarang KOPMA unej apakah masih ada?
    kalau ga salah pernah dengar "cerita" sekarang jadi Bank Mandiri itu ya?
    soalnya eman juga rasanya kalau unej gak pnya KOPMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya cowok.hahaha

      Kopma unej sedah lama vakum. tapi ada kabar kalau mau dibentuk lagi kepengurusan KOPMA yang baru.. Yah semoga saja segera terealisasi dan Unej memiliki koperasi mahasiswa lagi :-)

      Delete
    2. Amiin, semoga yg pegang KOPMA selanjutnya lebih sip lagi.

      Delete