Wednesday, 5 June 2013

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013


hari lingkungan hidup sedunia
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013
Suasana saat sarapan pagi:

Bunda: "Dinda, ayo sarapan dulu Nak, Bunda masak sayur kesukaan mu lho. Sayur basi, ini kan menu favoritmu.
Dinda: "Kok sayur basi Bun??"
Bunda: "Eh, maksud Bunda itu sayur asem..hehehe"
Dinda: ".......... Oke Bun, mantap nih. Boleh nambah gak?"
Bunda: " Ya boleh dong. Bunda masak banyak tadi."

Dinda dan Bunda pun sarapan pagi dengan nikmat. Menunya sayur asem, sambel terasi, dadar jagung, dan kerupuk. Gak tau apa Dinda itu doyan atau lagi laper, dia mengambil nasi dan sayur nya berlebihan.

Dinda: "Bun, udahan ya sarapannya. Dinda kekenyangan nih."
Bunda: "Lho, itu di piring masih banyak?"
Dinda: "Dibuang aja Bund, lagian sayurnya kan masih banyak."
Bunda: (hanya bisa ngelus-ngelus dada.)

Sreet... sreett.. sreett.... meluncurlah sisa makanan tadi ke dalam tempat sampah. SELESAI.

Nah, dari ilustrasi di atas terlihat jika sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Apalagi hingga menyisakan makanan dan membuangnya. Saat saya kecil dulu, Mbah Kakung akan sangat marah jika cucu-cucunya tidak menghabiskan makanannya. Beliau akan bilang jika ada nasi yang tertinggal di piring maka nasi tersebut akan menangis. Ya, mungkin itu adalah salah satu cara dari Mbah Kakung untuk menghargai segalanya meskipun itu hanya sebutir nasi.
****

Bertepatan pada hari ini, 5 Juni 20013, adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS). Tema untuk HLHS tahun ini adalah “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan”. Tema ini mendorong kita untuk lebih peduli pada dampak lingkungan atas pilihan makanan yang kita buat. Lho apa hubungannya makanan dengan lingkungan? Jika makanan dibuang-buang, itu artinya semua sumber daya dan input dalam proses pembuatannya juga terbuang. Beberapa Negara di dunia mengadakan acara-acara untuk memperingati HLHS ini, termasuk Indonesia juga turut serta merayakannya.

Terus apa yang saya lakukan di hari lingkungan hidup ini?

Kegiatan sederhana yang saya lakukan dengan teman-teman Mahasiswa Pencinta Kelestarian Alam (SWAPENKA) Fakultas Sastra Universitas Jember hari ini hanyalah berusaha untuk menggalakkan kegiatan "Sehari Tanpa Plastik di Fakultas Sastra". Memunguti sampah-sampah plastik yang bertebaran di dalam Fakultas, selain membuat pemandangan tidak terlihat kumuh, setidaknya dari kegiatan tersebut "konsumsi" plastik bisa sedikit dikurangi. Kemudian sore harinya menanam beberapa pohon dan masih di seputar lingkungan Sastra. Sungguh sederhana sekali.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Jangan sisakan makanan kalian ya, ingat saudara-saudara kita yang kelaparan di sana. Salam lestari..!

10 comments:

  1. Replies
    1. jangan dibuang ya ndes kalo gak habis..hehehe

      Delete
  2. ciee , mentang-mentang yg suka makan #eh hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka makan, dan gak suka buang-buang makanan. :p

      Delete
    2. iyaa kalo mkanan jngan dibuang-buang. tapi kalo mas sodhung gkppa d buang aja #eh haha

      Delete
    3. ow oww jangan salah. masih banyak yang nyari meskipun sudah dibuang.hahaha

      Delete
  3. Siip sam.
    Saya tadi juga menyambut HLHS dengan membersihkan lingkungan sekitar rumah dan menanam bunga.

    Plastik yang jadi sampah saya bakar habis.

    Menyiram tanaman dan juga motorku ikut tak siram, biasah motorku juga pengen bersih di event HLHS ini.

    *Kaburrr ahhhh sebelum kena bacok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. emang dasarnya orang satu ini cinta dengan yg namanya bersih-bersih. paling salah satu hobinya adalah bersih2 .

      Delete
  4. Replies
    1. Makasih ya mbak Prit. :)
      tambah semangat nih, hehehe.

      aku nulis apa lagi yaa setelah ini? hemm.. #mikir

      Delete