Tuesday, 4 June 2013

KEJANGGALAN LOGO UNIVERSITAS JEMBER

Logo Universitas Jember saat ini sedang menjadi trending topik bagi blogger UNEJ. Mulai dari sejarah terbentuknya logo hingga makna yang terkandung di dalamnya sudah dikupas tuntas oleh teman-teman yang lain. Dan saya disini tidak ingin membahas dari segi makna atau arti dari logo tersebut. Lha terus bahas apanya dong?

Logo dari Universitas Jember di dominasi oleh warna latar kuning serta dilengkapi oleh daun tembakau, padi dan jagung tersebut mudah sekali saya temukan dikehidupan sehari-hari saya sendiri. Mulai dari jalan-jalan santai di double-way saya bisa menemuinya di sepanjang jalan itu pada lembaran-lembaran bendera yang berkibar. Kemudian saat ada kegiatan apapun, khususnya yang diadakan oleh UNEJ, pasti logo tersebut selalu hadir. Dan pada kop surat di dalam kegiatan berorganisasi mahasiswa lagi-lagi saya menemui Si-Logo UNEJ ini.

Nah, dari seringnya bertemu ditambah dari rasa keingintahuan yang tinggi (baca: iseng) muncul lah ide untuk membuat tulisan ini. Saya melihat beberapa kejanggalan dan mungkin banyak yang masih belum menyadari hal yang janggal ini. Dan kejanggalannya saya kerucutkan pada segi warna logo unej dan bentuk nya.

Ini gambar-gambar yang saya dapatkan setelah menelusuri lewat Google dengan kata kunci LOGO UNIVERSITAS JEMBER.
logo universitas jember, logo unej beda
Logo Unej 1
logo universitas jember, logo unej beda
Logo Unej 2

logo universitas jember, logo unej beda
Logo Unej 3

logo universitas jember, logo unej beda
Logo Unej 4
logo universitas jember, logo unej beda
Logo Unej 5
Kejanggalan yang saya temui di logo Universitas Jember.
WARNA
1. Warna lidah api logo 1, logo 2 dan logo 4. (gbr 1= hitam, gbr 2= merah, gbr 4= hijau)
2. Warna 7 butir padi logo 1, logo 2, dan logo 3. (gbr 1= emas, gbr 2=hijau, gbr 3= merah)
3. Warna daun jagung dan daun padi logo 2 dan 4. (gbr 2= hijau, gbr 4= merah)

BENTUK
1. Dari segi bentuk, coba perhatikan gambar daun jagung dan daun padi pada logo unej 3. Saya menemukan hal aneh, yaitu gambarnya berbeda dengan yang lain. Terbalik.
2. Saya juga menemukan hal yang janggal pada gambar yang diapit oleh lidah api. Monggo di-check dulur.

Oke dulur, itu dulu review dari saya tentang kejanggalan dari logo-logo UNEJ. Tapi ada pertanyaan yang masih mengganjal di pikiran saya, mana ya logo Universitas Jember yang paling benar?? Ah, semoga cepat mendapatkan jawabannya. :)

13 comments:

  1. ciee, yg warna pink belum ada tuh mas. coba buat juga dong haha

    ReplyDelete
  2. hahaha , kan yg warna pink belom ada tuh mas
    buat sndiri age wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... aku gak bisa buatnya. mungkin ada yang minat buat logo sendiri??

      padahal pink juga keren lho, menggambarkan kelembutan. :)

      Delete
    2. iyaa kyak aku dong lembut :D ahaha

      Delete
    3. lembuut, selembut terigu..hehehe

      Delete
  3. kalo aku sih pilih biru aja kalo suruh buat baru....warnanya tenang
    hehehe ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... seharusnya logo itu konsisten :)

      Delete
  4. Eh iya lo. aku coba search ternyata juga begitu.

    Terus kalau begitu tindakan UNEJ apa sam?

    *ahh ambil sandal ya yang ketinggalan kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yaa?? aku juga belum tau kang.hehehe
      sebaiknya ada sosialisasi resmi dari pihak UNEJ sendiri tentang logo yang benar. biar gak bingung mahasiswa nya.

      Delete
  5. kata dosen yang bener itu yang nomor 1 gan :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupss... meskipun gitu masih saja banyak macam logo Unej bertebaran dimana mana..hehe

      Delete
  6. wah baru aja nyadar kalo ternyata ada kejanggalan2 di logo UNEJ haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitu deh mbak, banyak sekali versi logo unej.. kebolak balik terus warnanya beda2. Waduh apa perlu ada penertiban logo ya dari pihak kampus biar seragam?hehehe
      atau dibiarkan saja atas nama kretivitas? :D

      Delete