Tuesday, 28 May 2013

6 Gedung Fakultas Termegah di Universitas Jember

Gimana kabarnya dulur? Semoga tetap ceria dan baik-baik saja ya. Amin. Dan untuk yang lagi bersedih semoga tidak bertambah sedih setelah membaca postingan saya..hehe. Hal yang akan saya ceritakan memang sangat sederhana tetapi begitu menarik perhatian saya. Ini masih sekelumit tentang Universitas Jember (UNEJ) tentunya.

Universitas Jember sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi tentunya tidak lepas dari sarana dan prasarana penunjang perkuliahan bagi mahasiswa nya, terutama adalah infrastruktur gedung. Menurut saya gedung secara tidak langsung akan menunjang prestasi mahasiswa. Coba saja bayangkan jika ada salah satu gedung perkuliahan saat hujan deras kemudian airnya masuk kedalam ruangan melalui celah-celah genteng yang berlubang (baca: bocor), kelas kebanjiran, pasti proses belajarnya akan terganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman tentunya.

Di setiap fakultas diadakan renovasi untuk peremajaan bangunan agar mahasiswa bisa berproses dan berprestasi, meskipun itu belum terlaksana sepenuhnya. Maksudnya pembangunan tersebut masih berjalan hanya di beberapa fakultas saja, belum menyeluruh. Oke, membahas tentang gedung, disini saya akan memberikan predikat “Gedung Fakultas Termegah di Universitas Jember” kepada 6 fakultas. Tuh kan sederhana sekali ya topiknya? Kata alay nya itu “gak penting banget deh dibahas”. hehehe. Penting gak penting itu kan relatif.

Oke Lanjuuttt.......
Penilaian saya selain berdasarkan dari bentuk bangunan fisik yang besar, seni bangunan dan pewarnaan juga berpengaruh. Sekali lagi ini penilaian menurut pengamatan saya pribadi. Bagi mahasiswa yang fakultasnya tidak masuk 6 besar jangan berkecil hati ya. Ini dia gedung fakultas termegah di UNEJ

1.    Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)
Salah satu bangunan dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang mendapat predikat gedung termegah adalah bangunan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. Dari segi bangunan sudah jelas bertubuh tambun, terlihat kokoh, dan yang paling menarik adalah desain bangunannya itu lho keren sekali menurut saya. Ini dia penampakannya.

fakultas kedokteran gigi, gedung fkg

 2.    Fakultas Tehnik
Gedung baru Fakultas Tehnik memang baru saja selesai diresmikan pada tahun 2013 ini, karena sebelumnya terletak di daerah Patrang, Jember. Meskipun tergolong masih baru gedung Fakultas Tehnik langsung menjadi kebanggaan mahasiswa Tehnik. Kenapa? Karena pada waktu peresmiannya, semua mahasiswa tehnik yang sedang KKN di daerah Jember dan Situbondo rela jauh-jauh kembali menuju kampus untuk menghadiri acara tersebut. Istimewa. Dilihat dari sisi manapun bangunan ini terlihat cukup menawan dengan permainan warna yang bervariatif.

fakultas tehnik, gedung fakultas tehnik unej

 3.    Fakultas Hukum
Setelah lama terbengkalai, akhirnya pembangunan gedung ini di lanjutkan kembali. Dan pada akhirnya selesai juga. Warna merah dan jingga mendominasi gedung dari Fakultas Hukum. Gedung Fakultas Hukum yang diapit oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi itu seakan-akan selalu mencari perhatian orang yang berada di dekat gedung ini.

fakultas hukum, gedung unej, gedung fakultas hukum

 4.    Fakultas Kedokteran
Gedung Fakultas Kedokteran yang dikelilingi taman hijau di depannya memiliki corak warna yang unik. Unik karena berani mengkombinasikan warna-warna kontras seperti merah, kuning dan hijau menjadi satu. Seperti warna kesukaan Bob Marley, Si pencinta musik reggae itu ya. Unik

fakultas kedokteran, gedung fakultas kedokteran, gedung unej

 5.    Fakultas Farmasi
Untuk segi warnanya tidak jauh berbeda dengan Fakultas Hukum yang didominasi oleh warna merah, demikian juga gedung Laboratorium Farmasetika milik Fakultas Farmasi. Desain bangunan menambah kesan gagah dan kokoh. Mantap dah..

farmasi unej, gedung farmasi unej

6.    Fakultas Teknologi Pertanian (FTP)
FTP juga memiliki gedung yang tak kalah megahnya dengan fakultas lain, yaitu Gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian. Ini juga gedung dekanat yang paling “Wah” menurut saya, super jumbo. Hehehe.. Warna kuning dan coklat membalut si gedung dekanat membuatnya terlihat begitu minimalis. Jadi pengen masuk kesana, seperti apa ya dalamnya? Jika luarnya saja seperti ini.

FTP Unej, gedung ftp unej

Ya itulah keenam gedung termegah versi van Sodhunk, semoga tulisan ini setidaknya bisa menambah wawasan kita semua meskipun hanya sedikit. Nantikan tulisan berikutnya ya, tentang fakultas berbangunan sederhana di Universitas Jember. Salam Lestari..!

22 comments:

  1. Replies
    1. uhuy, terimakasih yaa. :)
      gedung fakultas sastra masih belum masuk kategori megah,.hehe

      Delete
  2. jare sopo.. megah koq gedung sastra, apalagi ukmnya.. habis ketiban pohon masih tetap berdiri, walu atapnya lumayan bolong.. haahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga, apa lagi sekarang nambah bivak baru di depan sekretariat..hehe

      Delete
  3. Kayaknya Sastra masuk nomer terakhir ya Dung? hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... untungnya saya cuma nulis 6 saja mbak.
      Sastra memang gak punya gedung mentereng, makanya nanti tak masukkan ke "gedung fakultas yang sederhana" :)
      kapan ya Sastra bisa kayak yang diatas itu gedungnya???? ?(pengen)

      Delete
  4. Wah ternyata megah yo sam.

    Pengen sekali jalan jalan keliling UNEJ.

    Hahahaaaaa

    Soalnya baru sekarang tau kalau gedungnya megah megah

    Lain kali jangan nulis yang megah megah, aku jadi kepengen mengunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jas,. :)
      ayo kalo cuma keliling aja tak anterin wes.hehehe

      ntar lagi aku posting yang bangunannya sederhana dah, biar imbang.

      Delete
  5. hooo,,, gedungnya farmasi masuk toh..
    Lab Farmatek keren...
    apalagi isinya persis ruang produksi obat di pabrik2 obat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi pengen tau gimana sih isinya lab. Farmatek.. kalo luarnya saja sudah se keren itu.

      Delete
  6. wihiy..gedung fakultas gue nongol di urutan ke 6 meenn...keren...
    btw boleh masukan buat redaksional mas?? maaf, bukan "Fakultas Tehnologi Pertanian", tapi "Fakultas Teknologi Pertanian"

    terimakasih :D
    keep blogging..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh mbak iraz ini anak FTP to.hehehe maaf saya gak tau.

      terima kasih masukkannya mbak, redaksionalnya sudah saya perbaiki. :)

      Delete
  7. Kapan juga FKIP gedung 1 bisa kayak gitu hoho
    gedungnya udah tua bingit hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.... sama, gedung Fakultas Sastra juga senasib, butuh peremajaan. :D

      Delete
  8. Replies
    1. Semangat yaa... semoga masuk di fakultas idaman.

      Delete
  9. gedung farmasi .....merah seperti semangat ku,

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. hehehe... iya selamat yaa. tunggu tulisan2 selanjutnya tentang UNEJ ;)

      Delete
  11. hahaha... mantap widodo :D iya ini nih ade aku Martin mau coba USM Jember eh pilihannya malah no. urut 1 dsini hihi... Doain ya do, kita Doain yak biar ade ku masuk :D Ya dengan belajar keras, bersemangat, tekun dan bertekad serta Diiringi Doa semoga dia Jebol ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin... semoga adiknya Santa Ernyta lolos yaa

      Delete