Sunday 18 February 2018

Sejarah Indah Logistik - H. Arisal Azis: Zero to Hero

SEJARAH INDAH LOGISTIK. Dengan  ini, saya, H. Arisal Azis membuka sejarah kehidupan saya. Hidup bagi saya adalah awal dari kehidupan itu sendiri, dan bermanfaat bagi orang lain, untuk itu saya ingin menyampaikan asal mulanya saya tahu kehidupan from zero to hero.
arisal azis, indah logistik, indah cargo,  zero to hero, pelayanan indah logistic
Saya dilahirkan pada tahun 1970  di  Pariaman  sebuah kota kecil di Sumatra Barat  tepatnya  di Kecamatan  5 Koto Kampung dalam, oleh seorang ibu yang sederhana penuh kesabaran  dan  ketabahan dalam mendidik anak-anaknya. Ayah saya seorang petani yang  ulet dan pekerja keras  demi  menghidupkan 9 anak-anaknya,  bagi  saya  orang tua saya menjadi idola bagi saya dan sekaligus panutan bagi saya. Alhamdullilah dengan semangat kerja keras orang tua saya mereka dapat membesarkan kami sembilan bersaudara,  walaupun dengan segala keterbatasan biaya tapi mereka tetap sabar dan tabah dan tulus. Terima kasih ABAK terima kasih AMAK.

Karena keterbatasan biaya, karena  orang tua saya hanya seorang petani sampai kelas satu SMP saya berhenti sekolah,  jadilah saya seorang anak yang putus sekolah. Kebanyakan orang Minangkabau senang merantau, pada waktu itu saya pergi merantau ke Medan, walaupun masih dalam usia belia dalam perantauan itu saya mulai merasa bahwa kehidupan ini memang berat penuh tantangan  dan banyak suka dan dukanya  dan penuh linangan airmata, bahkan untuk mencari nafkah untuk diri sendiri sangat sulit bagi saya. Akhirnya saya kembali ke kampung halaman untuk melanjutkan sekolah dan alhamdullilah saya bisa tamat SMP.

Untuk melanjutkan sekolah ke SMA terkendala lagi dengan masalah biaya, hanya beberapa bulan belajar di SMA saya berhenti lagi, pada waktu itu saya senang olahraga terutama sepakbola dan saya bergabung dengan  club sepakbola SMA Setia Darma di Pekanbaru dan langsung diterima di kelas tiga. Alhamdulillah saya ikut lulus. Dari sana  saya belajar memaknai hidup ini bahwa hidup tidak semudah yang kita bayangkan. Akhirnya saya coba mengadu nasib di Terminal Mayang Terurai di kota Pekan Baru sebagai PC alias calo. Saya menyadari bahwa terminal indentik dengan PREMAN dalam hati saya berkata apakah saya juga akan jadi preman? Dari  lubuk hati yang paling dalam, sesuatu membisikkan kepada saya bahwa saya tidak ingin jadi preman! saya paling tidak suka minuman keras, judi apalagi main perempuan karena itu adalah pesan dari orang tua saya yang sampai saat ini masih tetap saya pegang teguh. 4 tahun lamanya malang melintang sebagai calo di terminal Mayang Terurai.

Saya mulai berpikir sampai kapankah saya  terus begini? Saya ingin mengubah kehidupan ini lebih baik lagi. Kalau orang lain bisa mengapa saya tidak bisa? hal  itulah yang selalu ada dalam hati saya dan memacu semangat saya untuk mencoba apa yang dilakukan orang dalam arti yang positif,  dengan dilandasi tekad dan niat yang tulus dan kemauan yang besar serta dilandasi kejujuran. Saya bekerja jadi pembantu agen P.O Merah Sari yaitu bus angkutan umum antar kota. Beberapa bulan  bekerja sebagai pembantu agen, saya mulai berpikir lagi bagaimana caranya untuk menjadi agen, karena saya bekerja  dengan baik akhirnya saya diangkat menjadi agen, karena keinginan besar untuk maju.
Saya  ingin juga jadi kepala agen. Alhamdullilah berkat kerja keras dengan berlandasan kejujuran  serta disertai doa, Allah SWT akhirnya mendengar kata hati saya. Dan saya mendapat tawaran menjadi Ketua Agen Travel TST perusahaan dari Padang dan beberapa perusahaan lain dipercayai juga  kepada saya seperti,  Baruna Travel dan WNT Travel. Alhamdullilah semuanya berjalan lancar dan maju karena saya bekerja berlandasan kejujuran dan ketekunan. Seiring dengan berjalan waktu, pada tahun 1997 saya mendapat tawaran dari Perusahaan Angkutan Umum dari SOLO yaitu P.O. JADI MULIYO pada saat itu saya bertanya pada diri sendiri  apakah saya mampu?  tapi hati kecil saya mengatakan “kamu pasti bisa” dengan tekad yang bulat dan kemauan yang kuat saya terima tawaran tersebut, walaupun dengan keterbatasan  modal  untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Dari  waktu ke waktu pelan tapi pasti, P.O tersebut berjalan dengan  baik dan lancar tanpa saya sadari tawaran dari perusahaan angkutan penumpang lain dari Jawa mangkin banyak mempercayai dan menawarkan kepada saya, belajar dari pengalaman tersebut mengelola Perusahaan Angkutan dari Jawa ke Sumatra dan sebaliknya saya paham dan mengerti betul bagaimana sistem Operasional  Perusahaan P.O ( Perusahaan Oto).
Disuatu  malam saya merenung semua perusahaan  yang dipercayai kepada saya dapat saya jalankan dengan baik dan lancar malahan mengalami kemajuan yang pesat mengapa saya tidak mendirikan perusahaan sendiri? Pada awal tahun 2000 saya beranikan diri untuk mendirikan perusahaan Travel yang berbentuk CV  yang saya namai dengan CV Indah Travel. Perusahaan  tersebut berkembang dengan sangat pesat di beberapa Propinsi seperti, Riau, Sumatra Barat, Jambi sampai ke Sumatra Utara disamping membawa penumpang ada juga yang menitipkan barang ke Perusahaan Travel  dengan tujuan ke empat Propinsi tersebut alhamdullilah  berjalan lancar sampai dengan tahun 2005.
Seiring dengan berjalannya waktu kesulitan-kesulitan mulai datang tantangan demi tantangan mulai timbul uang hasil  jasa Travel besar tapi angsuran kredit ke Bank tidak dapat saya lunasi, disamping itu mobil travel sering mengalami kecelakaan kalau tidak menabrak mobil orang lain kita yang ditabrak orang sehingga saya  kekurangan dana untuk memperbaiki mobil, saya mulai kesulitan keuangan, dari hari ke hari cobaan datang seling berganti, hampir hampir saya patah semangat saat itu, tambak ikan yang saya kelola disamping menjalan jasa travel pada saat saat mau panen ikannya mati semua, hati saya menjerit Ya Allah mengapa engkau memberi aku cobaan yang berat kepada diriku. Pada saat dalam kekalutan dan keresahan dan kebingungan,  saya menceritakan kepada seseorang tentang diri saya dan perusahaan saya, kenapa saya selalu mengalami musibah hampir setiap minggu malahan dalam satu bulan bisa terjadi 6 kali kecelakaan terhadap mobil travel saya. Hanya satu pertanyaan yang disampaikan kepada saya apakah kamu sudah mengeluarkan zakat dari  penghasilanmu? Saya jawab belum, “itulah kuncinya” katanya. tapi saya jawab “bagaimana saya mau berzakat uangnya tidak ada, uang saya tidak ada yang tersimpan”. dia menambahkan lagi ”Berapapun uang yang kamu dapatkan setiap hari langsung dikeluarkan zakatnya” Nasihat orang tersebut langsung saya praktekan setiap penerimaan uang dari jasa travel maupun dari titipan barang langsung saya keluarkan zakatnya 2,5 %.
Alhamdullilah setelah  saya jalankan dengan mengeluarkan Zakat setiap penerimaan uang dari hari ke hari musibah mulai berkurang dan dijauhi dari saya. Operasional travel saya mulai normal dan berjalan lancar, tapi paling penting saat itu adalah hati saya rasanya makin tentram dan dada saya jadi lapang. Suatu hari ada orang datang kepada saya agar menyantuni anak yatim. Saran orang tersebut saya ikuti dengan memberikan santunan kepada  7 orang anak yatim setiap bulan. Sesuai dengan perkembangan perusahaan, santunan kepada anak yatim setiap bulan saya tingkatkan, saat ini  santunan kepada anak yatim setiap bulan sudah mencapai sekitar 600 orang.
Karena titipan barang semakin banyak yang dipercayai kepada Travel saya dan sering mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas, saya disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang. Dan pada tahun 2007 saya dirikan Perusahaan PT. Indah Logistik Keuangan saya masih sulit tidak ada modal untuk membeli mobil khusus angkutan barang, dengan meminjam kesana kemari akhirnya dapat juga saya membeli sebuah mobil box khusus angkutan barang.
Dengan cikal bakal sebuah mobil box saya melihat ada peluang ke daerah Kabupaten Riau seperti Dumai, Duri, Tembilahan dan seluruh Kabupaten di Riau. Pada tahun 2008 saya Mengadakan survey ke Sumatra Utara karena saya yakin ada prospek disana dan route mobil saya mulai operasional ke daerah Sumatra Utara dan berjalan lancar sampai saat itu. Di dalam perjalanan dalam rangka mengadakan survey untuk pengembangan usaha angkutan saya, tepat di daerah Duri saya berhenti untuk istirahat, kebetulan disana di parkir sebuah ambulance dengan tulisan “ AMBULANCE GRATIS AMIL ZAKAT“ saya tanya kepada  salah seorang di ambulance tersebut, “apakah memang kalau pakai mobil ambulance ini Gratis? Orang tersebut menjawab “oh tidak pak! tidak Gratis sama sekali kita masih menanggung bensinnya“ jawab orang tersebut. Disaat itu hati saya berkata kalau saya berhasil dan sukses buka paket titipan  ke Medan saya akan sediakan  ambulance untuk masyarakat yang tidak mampu dan yang membutuhkannya, benar-benar gratis sama sekali tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Alhamdullillah dengan niat baik dan tulus saya tepati janji saya sampai saat ini  PT. Indah Logistik sudah menyediakan 4 ambulance gratis  di empat kota propinsi. Saya bercita-cita kalau Allah SWT memberi saya rizki lebih kepada saya, akan saya sediakan  satu ambulance gratis disetiap  ibukota Propinsi di Indonesia.
Pada tahun 2008 saya buka cabang di Jambi dan Palembang berkat kerja keras dan dedikasi yang tinggi dari seluruh Karyawan PT. Indah Logistik dan diiringi doa anak yatim kegiatan operasional di Jambi dan Palembang berjalan dengan lancar,  karena banyaknya permintaan pengiriman barang ke Jakarta dan Bandung saya mulai melirik ke ibukota dan Bandung karena saya meyakini bahwa kedua kota ini merupakan pusat bisinis di seluruh Indonesia, apa yang saya yakini akhirnya terbukti. Di Jakarta omset perusahaan kargo dari hari ke hari meningkat secara signifikan dan saat ini cabang Jakarta merupakan cabang utama di seluruh Indonesia dengan omset yang paling besar walaupun kantor Pusat PT. Indah Logistik masih berada di Pekanbaru.
Seiringi dengan semakin meningkatnya permintaan pengiriman barang melalui PT. Indah Logistik, tentu saja hal ini harus diiringi peningkatan service kepada pelanggan. Jadwal keberangkatan tepat waktu peningkatan SDM yang dapat dihandalkan  penambahan armada angkutan dan lain-lainnya. Dengan Motto kami “LEBIH CEPAT LEBIH AMAN”  dimana titipan yang dipercayai kepada kami dapat kepada sampaikan  kepada penerima lebih cepat dari yang lain dan aman dimana barang yang dikirimkan tetap utuh seperti yang kami terima dari pengirim  dan tidak cacat/rusak. Alhamdulillah sampai saat ini komplain yag kami terima dari pelanggan prosentasenya sedikit sekali. Pada tahun 2009 s/d 2010 perkembangan aset PT. Indah Logistik semakin meningkat terutama armada angkutan (Mobil Box) walau kami membelinya secara kredit melalui leasing tapi  sampai saat ini PT. Indah Logisti tidak pernah menunggak cicilan kreditnya.
Semuanya berjalan sebagaimana adanya. Sebagai seorang manusia hamba Allah tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan pada diri saya apalagi perusahaan kargo sudah berkembang begitu pesatnya. Kegelisahan dan kecemasan mulai datang pada diri saya. Mengingat pada tahun 2007 untuk membeli mobil satu unit susah sekali karena keterbatasan modal. Saat ini PT. Indah Logistik sudah memiliki armada angkutan sebanyak lebih dari 100 unit dari bermacam type. Kalau saya mengingat masa  yang lalu saya seperti bermimpi teringat saya saat-saat berada di terminal Mayang Terurai berlari kesana mencari penumpang kadang ada gesekan dengan teman disana. Banyak sukadukanya entah dimana  atau bagaimana mereka sekarang dari tiada menjadi ada. Ya Allah Ya Rabb sungguh besar karunia dan nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan keluargaku. Alhamdullilah Wasyukurilliah akhirnya saya merenung untuk apa semua ini? Ini semua titipan Allah saya kembalikan kepada Allah dari dahulu saya selalu berniat bekerja sambil beramal. Pada tahun 2010 dengan niat yang dan ihklas saya putuskan untuk menghibahkan 60 persen aset dan keuntungan PT. Indah Logistik untuk kepentingan anak yatim demi untuk kemaslatan umat.  Semoga Allah SWT menerima amal saya  ini dan juga amal semua karyawan PT. Indah Logistik di seluruh Indonesia.
Berkat niat yang tulus dan ikhlas dengan keyakinan bahwa selalu ada pertolongan dari Allah SWT operasional PT. Indah Logistik  semakin meluas ke seluruh Nusantara, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku sampai Papua baik melalui paket darat, laut maupun udara. Untuk tahun 2012 PT. Indah Logistik akan meluaskan sayapnya ke seluruh pelosok tanah air ke kabupaten dan kecamatan di setiap propinsi di Indonesia dan  tidak terbuka kemungkinan untuk meluaskan paket ke luar negeri.
Saya menyadari berkembangnya PT. Indah Logistik ini bukan karena saya sendiri, tapi adalah andil seluruh Karyawan PT. Indah Logistik di seluruh Indonesia baik cabang maupun agen-agennya kepada mereka saya mengucapkan banyak terima kasih. Untuk tahap pertama kepada karyawan yang berprestasi dan menjadi perintis PT. Indah Logistik ini, dan yang mempunyai loyalitas yang tinggi kepada perusahaan terutama karyawan  di kantor pusat Pekanbaru karena dari sanalah berawal berdirinya perusahaan ini.
Saya berikan 30 (Tiga Puluh) rumah gratis kepada mereka yang sudah mengabdi kepada PT. Indah Logistik  dari awal berdirinya perusahaan sampai dengan saat ini. Hal ini tentu akan diberikan juga kepada karyawan lain yang berprestasi dan loyal kepada perusahaan dan menjunjung tinggi 7 Budi Utama PT. Indah Logistik Yaitu :  Jujur, Bertanggung Jawab, Profesional dan Visioner , Disiplin, Kerjasama, Pelayanan dan Kerja keras.
Saya merasa puas memberikan sesuatu kepada orang yang tak punya, saya menyadari buat apa harta kalau membuat kita lupa daratan dan menjadi riak dan sombong karena kekayaan, bagi saya orang sukses di dunia adalah orang yang bermanfaat kepada orang lain, dan saya merasa  belum sukses dalam kehidupan ini kalau tidak berguna bagi masyarakat banyak.
Ini semua berjalan sesuai kehendak Allah dalam usaha saya berhasil, tetapi kehendak Allah belum meredakannya. Pada tahun 2011 hubungan saya dengan komisaris tidak harmonis lagi, dan berakhir dengan perpisahan dan terjadilah pembagian aset perusahaan karena aset tersebut semuanya diproleh dengan kredit  atau hutang, saya sebagai pemilik atau Direktur yang menjalankan roda perusahaan  sangat pusing memikirkan hal tersebut, bagaimana perusahaan ini tetap berjalan dan disisi lain hutang bisa terbayar, saya terpaksa meminjam kesana sini untuk mengerakkan operasional perusahaan, walau komisaris selalu menuntut pembagian aset PT. Indah Logistik, tetapi saya selalu mengelak dan tetap mempertahankan agar PT. Indah Logistik tetap berjalan dengan lancar. Akhirnya pada bulan September masalah tersebut berlanjut ke pengadilan.
Kondisi perusahaan yang banyak hutang serta harus menanggung kredit atas aset perusahaan membuat saya merasa terpuruk dan terasa berat beban yang harus saya jalani, sementara disisi lain saya ingin cita-cita saya terwujud untuk anak yatim dan kemaslahatan orang banyak, saya tidak putus asa alhasil saya berpikir bagaimana cita-cita saya berhasil, sebab usaha ini saya peruntukkan untuk keluarga. Orang banyak, khususnya anak yatim piatu dan kemaslahatan umat, saya harus bisa! kemudian saya mengambil keputusan untuk membuka perusahan baru pada tanggal 23 Desember 2011 saya dirikan PT. Indah Yatama yang juga bergerak dibidang jasa titipan, saya selalu berdoa semoga perusahaan ini diberkahi oleh Allah SWT dan berjalan dengan lancar, bermanfaat untuk kemaslahatan umat, demi untuk membangun rumah anak yatim piatu dan kaum dhuafa sekaligus penyediaan ambulance gratis seluruh Propinsi di  Indonesia, demi untuk merealisir cita-cita kami tersebut 60% dari aset perusahaan ini  akan saya hibahkan nantinya untuk kepentingan Anak Yatim Piatu.

Terhitung pertengahan Januari 2012 kami telah mengoperasikan PT. Indah Logistik  keseluruh Propinsi dan Kabupaten di Indonesia via darat, laut dan udara. Dan untuk itu aktifitas PT. Indah Logistik saya hentikan untuk sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kepada semua kostumer kami yang selama ini telah memperguna jasa perusahaan kami inilah perusahaan kita bersama. Marilah kita maju bersama dengan saling menguntungkan,  tetaplah bersama kami  jika anda mempercayakan kiriman anda dengan perusahaan PT. Indah Logistik berarti anda telah ikut membantu anak yatim dan kaum dhaufa yang dikelola oleh Yayasan Indah Maju Bersama.
Bagi saya pribadi ini adalah awal kehidupan baru. Bagaimana saya hidup kalau belum bermafaat untuk orang banyak saya belum merasakan kehidupan yang sebenarnya.

Bagaimana saya sukses, kalau belum berbagi kepada orang yang tak punya, saya belum merasa sukses. Untuk itulah saya mengajak kita bersama, marilah kita  berbagi  pikiran, tenaga dan financial. Sesuai dengan perkembangan perusahaan yang semangkin  baik dan lancar santunan Kepada Anak Yatim Piatu terus saya tingkatkan setiap bulannya,  sampai saat ini, santunan kepada anak yatim sudah mencapai sekitar 600 orang. Saya bercita-cita  pada tahun 2012 ini Kalau Allah SWT  mengizinkan  saya akan memberikan santunan  kepada anak yatim minimal 1.000 ( Seribu Orang) setiap bulannya Amiin ya Rabbal Alamiin.

Pesan Moral : Kejujuran melahirkan kepercayaan, keuletan memberi jalan keluar dari kesulitan, kesabaran membuat orang tahan dalam menghadapi semua cobaan, kegigihan jalan keluar menuju pintu sukses, doa benteng bagi kita dalam menghadapi semua cobaan  dan zakat membersihkan harta  yang kita miliki. SEMOGA ALLAH SWT SELALU BERSAMA KITA SELAMANYA. AMIIN.

No comments:

Post a Comment