Tuesday 21 February 2017

Mengenal Gaharu, Manfaat, dan Produknya

Gaharu sepertinya sudah tidak asing lagi namanya di telinga kita. Namun, pernahkan kalian melihat  bagaimana bentuk pohon Gaharu yang legendaris tersebut? Marilah kita mengenal gaharu, mengetahui manfaat gaharu, dan tahu apa saja produk yang bisa diolah dari kayu gaharu. Gaharu terkenal akan aroma wanginya yang khas dan kuat. Aroma wangi dari pohon gaharu tersebut sebenarnya adalah resin yang dihasilkan oleh pohon gaharu itu sendiri.
bibit gaharu, tasbih gaharu, gaharu murah
Bibit Gaharu
Menurut Wikipedia proses pembentukan gaharu adalah sebagai berikut. Gaharu dihasilkan oleh tanaman sebagai respon dari mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.
Masuknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen. Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. Namun, apabila mikroba yang menginfeksi tanaman dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman maka gaharu tidak terbentuk dan bagian tanaman yang luka dapat membusuk.
Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman. Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yang harum karena mengandung senyawa guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol. Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tanaman penghasil gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu memiliki mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dalam jumlah yang besar. Beberapa contoh cendawan yang dapat digunakan sebagai inokulum adalah Acremonium sp., Cylindrocarpon sp., Fusarium nivale, Fusarium solani, Fusarium fusariodes, Fusarium roseum, Fusarium lateritium dan Chepalosporium sp.


Manfaat Gaharu
Pohon Gaharu memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dengan pengobatan herbal. Bagian yang paling sering dipakai untuk bahan-bahan jamu herbal biasanya adalah daun,  kulit pohon, dan akar gaharu.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, gaharu pun bukan hanya berguna sebagai bahan untuk industri wewangian saja , tetapi juga secara klinis dapat dimanfaatkan sebagai jamu herbal. Menurut Raintree (1996), gaharu bisa dipakai sebagai anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan.

Dalam ruang lingkup etnobotani di Cina, gaharu, digunakan sebagai penetral sakit perut, penghilang rasa sakit, kanker, diare, tersedak, ginjal tumor paru-paru dan lain-lain. Di Eropa, gaharu ini kabarnya diperuntukkan sebagai obat kanker. Di India, gaharu juga dipakai sebagai obat tumor usus. Di samping itu di beberapa Negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat sudah mengembangkan gaharu ini sebagai obat-obatan seperti penghilang stress, gangguan ginjal, sakit perut, asma, hepatitis, sirosis, pembengkakan liver dan limfa. Bahkan Asoasiasi Eksportir Gaharu Indonesia (ASGARIN) melaporkan bahwa Negara-negara di Eropa dan India sudah memanfaatkan gaharu tersebut untuk pengobatan tumor dan kanker.

Di Papua, gaharu sudah digunakan secara tradisional oleh masyarakat setempat untuk pengobatan. Mereka menggunakan bagian-bagian dari pohon penghasil gaharu (daun, kulit batang, dan akar) digunakan sebagai bahan pengobatan malaria. Sementara air sulingan (limbah dari proses destilasi gaharu untuk menghasilkan minyak atsiri) yang sangat bermanfaat untuk merawat wajah dan menghaluskan kulit.

Produk Kerajinan dari Gaharu
Setelah mengenal sedikit tentang gaharu dan manfaatnya bagi kesehatan, setelah ini akan ada beberapa contoh produk-produk kerajinan yang berasal dari kayu gaharu. Kayu gaharu yang lumayan lunak menjadikannya tidak terlalu sulit untuk membentuknya menjadi berbagai macam kerajinan tangan. Bisa menjadi patung, ukiran-ukiran, pipa rokok, gelang, tasbih, bahkan serbuk nya bisa dibuat menjadi dupa harum.

Proses untuk mendapatkan kayu gaharu lumayan sulit, sehingga hal ini mengakibatkan harga jual gaharu mentah menjadi mahal. Begitu pula jika sudah menjadi sebuah kerajinan yang indah. Untuk gelang paling murah bisa mencapai harga 60-200 ribuan tergantung ukuran dan kualitas kayu nya.
gelang gaharu
Gelang Gaharu
Gaharu juga biasa dibuat menjadi sarana beribadah bagi umat Muslim, umat Hindu, dan umat Budha. Yang membedakan adalah jumlah butiran tasbihnya, untuk muslim isi tasbihnya 99 butir sedangkan tasbih Budha berisi 108 butir.
kingwood, tasbih gaharu murah
Gaharu juga bisa dijadikan tasbih
Oke, sekian dulu ya informasi mengenai salah satu tanaman Gaharu yang keren ini. Terimakasih sudah menyimak semoga setelah membaca postingan ini kalian mendapatkan beberapa pengetahuan baru.

Sumber info:
3. Kingwood Handicraft
4. dan dari sumber-sumber lain nya di google.com

No comments:

Post a Comment