Saturday 15 February 2014

Tes FACE Sastra Inggris (Formal Academic Competence of English)

Untuk anak-anak Sastra Inggris FSUJ pasti sudah gak asing lagi dengan mahluk yang bernama FACE. FACE itu kepanjangannya adalah Formal Academic Competence of English. Mahluk ini masih sejenis dengan TOEFL, tapi dikeluarkan oleh Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember. Kalian tahu kan sekarang skor minimalnya berapa? Yang kemarin minimal kan 450, kalau score FACE milik Sastra Inggris sekarang ini minimal harus 475. Keren kan. Oh iya, ada informasi tambahan tentang ujian atau tes FACE nih. Yang ingin ikut tes, langsung saja mendaftar ke Mas Mahfud di Ruang Jurusan Sastra Inggris pada jam kerja. Tes FACE akan diselenggarakan setiap hari Jumat ke-2 dan ke-4 setiap bulan. Untuk biaya nya Rp 50.000,- per mahasiswa.

Apa sih fungsi dari FACE ini? Pertama untuk salah satu persyaratan saat pengajuan proposal skripsi. Kedua, juga sebagai syarat saat akan ujian skripsi. Nah, yang namanya syarat itu kan berarti wajib ada to? Jadi sebagai mahasiswa yang baik dan ingin cepat-cepat lulus silahkan menjajal kemampuan anda secepatnya..hehehe.

Menurut pengalaman pribadi saat mengikuti test FACE soal-soalnya agak lebih sulit daripada soal TOEFL yang diadakan oleh UPTTI Universitas Jember. Tapi itu sih pendapat saya pribadi, gak tau lagi pendapatnya teman-teman yang lain. Dan beberapa soal dari FACE ada yang hampir sama dengan soal TOEFL.

Beberapa bulan yang lalu saat saya ujian FACE, pesertanya membludak, banyak banget. Jadi ruangannya sampai dipisah jadi 2, bukan ruangannya dihancurkan, maksudnya pesertanya yang dibagi ke dalam 2 ruangan yang berbeda. Buhhh..... Akhirnya ruangan menjadi kurang kondusif. Tapi alhamdulilah nilai saya waktu itu tidak mengecewakan. Oke, maaf jika repost dari tusan yang lama. Tapi ada sedikit tambahan info kok... hehehehe

No comments:

Post a Comment