Sunday 3 November 2013

Festival Tegalboto itu apa ya?

Minggu-minggu ini Universitas Jember akan disibukkan oleh hajatan besar yang bernama Festival Tegalboto. Festival Tegalboto adalah serangkaian acara yang disiapkan untuk menyambut hari lahirnya Universitas Jember ke-49 dimulai tanggal 2 November 2013 sampai 10 November 2013. Di dalamnya terdapat berbagai lomba, pertunjukan budaya tradisional Jember dan pameran yang tentunya sangat menarik. Namun sangat disayangkan, sebagian besar mahasiswa masih belum tahu tentang apa itu Festival Tegalboto.! Apa persiapannya kurang mateng?, publikasi nya kurang nggreget? atau mahasiswanya yang cuek?

Kalau menurut saya, demi suksesnya acara yang super megah ini persiapan dari panitia pastinya gak mungkin asal-asalan, semuanya sudah diperhitungkan dengan baik. Tertata sangat rapi.

Mungkin penyebab tidak tahunya mahasiswa tentang acara ini bisa dari sisi publikasi atau penyebaran informasi mengenai Festival Tegalboto ini yang kurang. Setahu saya hanya ada satu Baliho besar di double way Unej (jalan Kalimantan). Kemudian satu spanduk kecil yang diletakkan di jalan samping Fakultas Ekonomi, itu pun hanya informasi tentang salah satu lomba dalam rangkaian acara Festival Tegalboto. Dan kalau gak salah H-2 atau H-1 sebelum acara, saya baru melihat baliho besar di pintu gerbang Unej sebelah Selatan (Jalan Jawa) tentang seluruh rangkaian acara nya. Waw...! Sangat disayangkan kan, acara seheboh ini publikasinya minimalis. Hanya sekedar saran, untuk acara-acara selanjutnya, publikasinya lebih diperbanyak lagi dan jangan mepet dengan acara. Oh iya, ada nilai plus untuk publikasi lewat internet. Karena dari internet lah info ini cepat diketahui oleh mahasiswa.

Nah, untuk mahasiswanya sendiri bagaimana?? beberapa mahasiswa saya beri pertanyaan yang sama "Festival Tegalboto itu apa? Kamu tahu kapan ulang tahun Universitas Jember?" dan Waw..! hasilnya hampir semuanya tidak tahu menahu tentang itu semua. Amazing.. Bagaimana dengan kalian?

Jujur, saya sendiri juga baru tahu jika Diesnatalis Unej itu tanggal 10 November..hehehe.
Oke sekian dulu, semoga dengan adanya Festival Tegalboto ini mahasiswa bisa sedikit peduli terhadap Universitasnya dan budaya tradisional Jember tetap lestari.

2 comments: