Friday 30 August 2013

Keindahan Kawah Ijen Memikat Wisatawan

kawah ijen, blue fire
Kawah Ijen dan kepulan asap Tambang Belerang
Menjelajahi pesona keindahan alam Jawa Timur memang tak akan ada habisnya, mulai dari pantai hingga bentang pegunungan memiliki keunikan masing-masing. Kawah Ijen, salah satunya. Tempat wisata yang berupa danau di kawah gunung berapi aktif ini terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso yang masuk dalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen.

Kawah ini sering diselimuti oleh kabut dan asap belerang, jika anda beruntung maka pemandangan danau yang hijau akan menjadi bonus tersendiri setelah lelah berjalan menuju kawah. Selain danau kawah, wisatawan akan disuguhi oleh indahnya pemandangan api biru (blue fire). Agar bisa menikmati pesona Api Biru ini, para wisatawan disarankan untuk memulai pendakian lebih pagi dari jadwal biasanya.

Pendakian menuju kawah dimulai dari pos Paltuding pada pukul 3 dinihari, jangan lupa mengenakan pakaian tebal karena suhu di Ijen bisa mencapai 5 derajat selsius. Tanjakan yang menguras tenaga mendominasi jalan menuju kawah Gunung Ijen. Namun semua kelelahann  itu akan terbayar setelah mencapai puncak. Hilir mudik penambang belerang menjadi pemandangan sehari-hari di puncak Gunung Ijen.

Tambang belerang yang terletak di tepi danau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun tidak disarankan untuk turun ke bawah jika kondisi fisik tidak memungkinkan karena jalan nya yang cukup terjal dan sempit. Kita juga harus berbagi jalan dengan beberapa penambang dengan beban belerang yang berat di pundaknya. Sungguh pemandangan yang luar biasa.

Selain wisatawan lokal, banyak wisatawan mancanegara yang terpikat oleh keindahan Kawah Ijen. Biasanya mereka berasal dari Perancis, Jerman, Itali, dan Belanda. Jika anda ingin berkunjung ke Kawah Ijen, sekarang adalah waktu yang tepat sebelum musim penghujan datang. Waktu yang dianjurkan untuk berkunjung ke kawasan ini adalah saat musim kemarau yaitu antara Juli sampai September. Hal ini karena saat musim hujan, jalan menuju  Kawah Ijen menjadi licin dan membahayakan.

Tambahan Gambar Kawah Ijen
kawah ijen, blue fire
Si Api Biru nan Indah
kawah ijen, blue fire
Puncak Gunung Ijen diselimuti kabut
kawah ijen, blue fire
Menikmati indahnya Kawah Ijen
kawah ijen, blue fire
Jalan terjal menuju Tambang Belerang
kawah ijen, blue fire
Penambang Belerang di puncak Gunung Ijen

6 comments:

  1. waahh.. orangtua dari kalibaru~ tapi belum pernah ke tempat wisatanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-sekali main keliling Banyuwangi mas..hehehe Keren. :-)

      Delete
  2. mungkin kalau buat liburan jangan dulu ke luar negri karena Indonesia juga memiliki tempat wisata yang sangat menakjubkan. wah jadi pengen kesina..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo main ke Ijen.. saya siap mengantar..hehe :)
      memang benar, kalau bisa habiskan dulu tempat2 indah di Indonesia baru mikir jalan2 ke luar negeri...

      wong orang asing aja suka berwisata di Indonesia.. :D

      Delete
  3. Ah...saya adalah salah satu dari sekian orang yang belum menginjakkan kaki di ijen..... sayang seribu sayang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sempatkan waktu luang maen ke Ijen bareng-bareng...

      Delete