Sunday 25 August 2013

Banyuwangi Ethno Carnival Magnet Baru di Surga Budaya

BANYUWANGI - Wisata di kota Banyuwangi tidak harus selalu ke alam seperti pantai, gunung, ataupun hutan. Di surga budaya ini kita bisa menjadikan budaya itu sendiri sebagai tujuan wisata. Banyak sekali pilihan wisata budaya yang bisa dinikmati oleh para pencinta seni. Dan salah satunya akan saya bahas sebentar lagi. Kembali lagi tentang kota Banyuwangi, julukan surga budaya memang sudah melekat dengan kota ini. Berbagai macam seni dan budaya, mulai dari yang tradisional hingga modern  bisa kita temukan di sini.  Adat istiadat masih terasa begitu kental, ramah tamah masyarakat selalu membuat tentram siapapun, dan itu semua secara otomatis menjadi sebuah magnet yang bisa menarik perhatian masyarakat luas terhadap ke-elokan Banyuwangi.

Banyuwangi kini memiliki satu magnet baru, yaitu Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). BEC merupakan sebuah karnaval yang amat unik, karena selalu mengangkat tema-tema budaya lokal Banyuwangi dengan mengkolaborasikan unsur fashion show, seni modern, kontemporer dan tradisional.

Gaung Banyuwangi Ethno Carnival pada tahun-tahun sebelumnya tidak hanya terasa di kabupaten Banyuwangi saja, tetapi terdengar hingga ke luar daerah di seluruh Indonesia, bahkan hingga luar negeri. Karnaval sepanjang jalan utama kabupaten Banyuwangi ini mampu menyedot antusias ribuan penonton tidak hanya di Banyuwangi saja, bahkan warga di luar Banyuwangi menyempatkan hadir untuk menonton karnaval spektakuler, juga wisatawan mancanegara turut mengabadikan momen akbar ini.

Tentang Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)
Tahun ini adalah pagelaran BEC ke-3. Seperti dengan tahun-tahun sebelumnya, Banyuwangi Ethno Carnival selalu memiliki tema yang berbeda. BEC I bertemakan "Gandrung, Damarwulan, dan Kundaran", BEC II bertemakan "Re Barong Osing", dan untuk tahun ini BEC memilih tema "Kebo-Keboan". Tema kebo-keboan yang menginspirasi BEC III akan dibagi menjadi tiga subtema yaitu Kebo Geni, Kebo Bayu Tirto, dan Kebo Bumi.

Kebo Geni menggambarkan semangat, motivasi, amarah, dan kepahlawanan dengan warna dominan merah dan hitam. Kebo Bayu Tirto menggambarkan kehidupan dengan tiga warna dominan, yaitu hitam, perak, dan putih. Kebo Bumi menggambarkan kesuburan dengan warna dominan hitam dan emas. Ketiga Kebo tersebut akan tampil dengan tanduk, kliningan sapi, dilengkapi dengan ekor dan sayap yang memperlihatkan kekhasan Banyuwangi seperti  motif Gajah Oling. Berikut ini adalah prototype dari ketiga 'kebo' tadi.

Prototype Kebo-Keboan BEC III
Banyuwangi Ethno Carnival 2013
Kebo Geni
Banyuwangi Ethno Carnival 2013
Kebo Bayu Tirto
Banyuwangi Ethno Carnival 2013
Kebo Bumi
Nah, bagi kalian-kalian semua yang suka dengan dunia seni, budaya, dan fotografi atau hanya sekedar ingin menonton serunya Banyuwangi Ethno Carnival 2013, mari berwisata ke Kota Banyuwangi. Oh iya hampir saja terlupakan mengenai informasi waktu pelaksanaannya, jangan lupa kawan-kawan datang ya pada tanggal 7 September 2013 di acara Banyuwangi Ethno Carnival.

Sekian informasi tentang salah satu wisata budaya yang ada di Banyuwangi. Semoga bermanfaat.

Catatan kecil: Sumber gambar dari banyuwangiethnocarnival.com

8 comments:

  1. Wah,,,,,, saya belum sempat promo acara ini. Infonya mantap. Semoga dengan festifal ini bisa menajdi kota Banyuwangi lebih dikenal dan menjadi perhatian dan tempt tujan wisata yang menarik seperti kota daerah lainnya.


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mumpung lagi ingat Mas.hehehe
      Amiin, soalnya banyak tempat wisata di Banyuwangi yang kurang ter ekspose oleh wisatawan. :)

      Salam....

      Delete
  2. Startnya kira2 jam berapa ya?

    ReplyDelete
  3. Antara jam 12 sampai jam 1 siang start nya :-)

    ReplyDelete
  4. Sayang sekali saya sudah tak sebebas dulu Sam.

    Jadi harus terpaksa gigit kepala orang deh, ngilerrrr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak melihat langsung gak masalah kang, saksikan lewat dunia maya saja,. pasti gambar2nya akan segera beredar. dijamin keren2....(halahh malah diiming-imingi)

      :D

      Delete
  5. Aku pengen bgt lihat BEC. Udah JFC kemarin gak nonton, masa BEC juga gk nonton. Aduuuuhhhh

    tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, tgl 7 itu saya harus ngurus beasiswa.....gk mungkin tak tinggal......
    ah semoga urusannya cepet selesai, dan saya bisa nyusul ke Banyuwangi setalh itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.... agenda festival banyuwangi masih banyak kok. Santai saja, ada seribu gandrung, festival batik dll.hehe

      Delete