Sunday 2 June 2013

UNEJ dan Hari Lahirnya Pancasila

UNEJ pada hari Sabtu 1 Juni 2013, punya acara besar yang menyedot perhatian banyak masyarakat. Kalian semua pasti sudah tahu apa acaranya. Ya, UNEJ sedang memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-68. Acara ini di gagas oleh dua Universitas besar di Jember yaitu Universitas Jember dan Politeknik Negeri Jember dengan tema "Revitalisasi Pancasila".
/****/

hari lahir pancasila
Pengumuman!!!
Pagi itu kampus Sastra terasa begitu sepi, mungkin karena pas minggu tenang jadi banyak mahasiswa yang mudik ke rumah mereka dan bersenang-senang dengan seonggok tugas kuliah. Minggu tenang kok malah gak tenang gara-gara tugas?. Dan tugas saya pagi itu hanyalah bersih-bersih dan mandi karena tak ingin ketinggalan momen penting di 1 Juni ini, lihat arak-arakan atau istilah kerennya itu parade berbagai atraksi dan kesenian tradisional di acara Hari Lahirnya Pancasila. Mandi? sudah. Bersih-bersih? juga sudah. Yang kurang hanya kamera saja, gak lengkap jika di acara keren seperti ini gak bawa alat dokumentasi..hehehe

Peserta nya beraneka ragam, mulai dari adek-adek SD sampai mahasiswa tumplek blek di UNEJ. Ada rombongan marching band, capoeira, pencak silat, reog ponorogo, can macanan kaddhuk, musik patrol dan lain-lain. Sebuah konsep acara yang keren karena bisa menggabungkan elemen tradisional dengan modern dalam satu wadah di hari yang spesial ini. Untuk rute arak-arakan ini dimulai dari Politeknik Jember, menyusuri Jalan Riau, bundaran Prosalina, lanjut ke Jalan Jawa, bundaran DPR, menuju Jalan Kalimantan dan berakhir di double way UNEJ.

kegiatan universitas jember
Group marching band sedang berlatih sebelum berangkat
 Acara yang berhasil menyedot ribuan penonton ini (sih lebay) juga berhasil membuat kemacetan di beberapa titik di sekitar UNEJ terutama jalan Jawa dan Kalimantan. Salut, meskipun cuaca siang hari cukup panas, dan ditambah macetnya jalur parade tak mampu menghalangi niat mulia teman-teman kita ini. Mereka masih sempat memberikan senyuman termanis kepada para penonton di sepanjang jalan. Mentari semakin membakar kulit, rombongan terakhir parade pun telah lewat.

marching band unej
Peserta parade menyapa penonton dengan senyuman
Dan acara ini berhasil mengingatkan saya yang memang dasarnya pelupa kalau hari ini, tepat tanggal 1 Juni 2013 adalah hari lahirnya pancasila. Seandainya UNEJ tidak mengadakan acara seperti ini sudah pasti saya akan menganggap jika tanggal 1 Juni itu biasa-biasa saja sama dengan hari-hari lainnya, tidak ada yang istimewa. Semoga acara seperti ini bisa menjadi acara tahunan rutin di UNEJ. Amin.

Oh iya, Garuda, selamat tiup lilin ya... Semoga kami tidak melupakan sejarahmu.
***

4 comments: