Thursday 6 June 2013

Rusunawa Putri Universitas Jember

rusunawa putri unej, gedung unej, bangunan unej
Rusunawa Putri Unej
 Saat saya baru memasuki pintu depan, sebuah alat berat bernama Komatsu sedang duduk bersantai di sebelah kiri bangunan setengah jadi itu.  Di kejauhan terlihat beberapa orang tanpa rasa takut berada di pucuk bangunan itu, mereka sedang menata atap genteng satu persatu. Terdengar suara gelak tawa para kuli bangunan, itu sedikit bisa menghibur di tengah kesibukan mereka untuk menyelesaikan kewajiban. Dua orang lain nya yang berada di bawah sedang mempersiapkan adonan semen. Sedangkan Si-Mandor dengan gagahnya berkeliling memeriksa apakah anak buahnya bekerja dengan baik atau tidak. Itulah suasana yang saya lihat saat mampir di proyek pembangunan Rusunawa Putri Universitas Jember.

Universitas Jember menambah satu lagi bangunan penunjang belajar mahasiswa yaitu RUSUNAWA (rumah susun sederhana sewa) khusus untuk mahasiswa putri. Sebelumnya bangunan serupa, rusunawa putra telah berdiri tepat di sebelah Fakultas MIPA Universitas Jember.

Rusunawa putri UNEJ dibangun tepat berada di belakang Gedung KAUJE. Tempat ini dulunya adalah lahan kosong milik Unej dan dimanfaatkan sebagai jalur sepeda BMX oleh beberapa mahasiswa pencinta BMX.
rusunawa putri unej, gedung unej, bangunan unej
Suasana di proyek rusunawa putri Unej
Gedung Rusunawa Putri Ini Nantinya Akan Menjadi Seperti Apa?

Gedung yang rencananya dibangun 5 lantai dan memiliki 98 kamar ini secara resmi dimulai pembangunannya dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Ketua KAUJE, dan Rektor Universitas Jember pada tanggal 16 Oktober 2012 lalu. Dan saya kebetulan sebagai salah satu undangan yang menghadiri acara tersebut.

Nanti setiap kamar akan diisi oleh 3 orang. Dengan biaya yang murah tentunya dan mahasiswi yang masuk Unej melalui Program Bidik Misi menjadi prioritas utama sebagai calon penghuni rusunawa tersebut. Oh iya kalian tahu berapa jumlah dana yang dikucurkan untuk pembuatan rusunawa ini? Kurang lebih 13,1 M. Sungguh dana yang tidak sedikit demi membantu masalah tempat tinggal mahasiswa Unej yang kurang mampu.

Ketua Kauje, Dr. Ali Masykur Musa., M.Si, M.Hum, menyampaikan keinginannya untuk menjadikan rusunawa sebagai tempat untuk belajar mandiri bagi mahasiswa dengan dibangun stan-stan yang bisa digunakan sebagai tempat usaha yang bernuansakan pendidikan. Sebagai contoh kafe yang dilengkapi dengan buku-buku menarik di dalamnya sehingga selain untuk tempat rehat, juga bisa digunakan sebagai sarana menambah ilmu.

Rusunawa Putri yang Ramah Lingkungan

Iya, dalam rangka menduniakan eco-building rancangan gedung rusunawa akan dibuat ramah lingkungan. Rencananya di sekitar gedung akan dibuat sumur-sumur resapan dengan tujuan untuk menahan air hujan selama mungkin di lingkungan Universitas Jember. Dan air itu nantinya bisa menjadi cadangan air tanah saat musim kemarau datang.

Pohon-pohon hijau akan menambah sejuknya rusunawa putri, sehingga udara segar akan masuk ke dalam gedung secara alami. Sehingga penggunaan kipas angin dan AC  bisa dikurangi. Wah keren yaa.. :-)

Oke, itu dulu cerita saya tentang Universitas Jember. Cerita ini saya ikutkan dalam Lomba Blog Universitas Jember. Salam lestari..!

6 comments:

  1. Tuh kan awakmu nambah lagi penasaranku.

    jdi tambah kangen dolen nang jember deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... penasaran karo apane kang??

      yo dolano nang Jember pas nganggur. :-)

      Delete
  2. ntaaar mas sodhung buatin buat aku yaa...
    tapi dananya hrus lebih gede dri itu #saingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm... gimana ya, seandainya aku punya uang segitu pasti tak sumbangkan semua uangnya. hehehe

      Delete
  3. Semoga sukses ya. Tulisannya bagus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas anks...

      ayo kita nulis lagii. oh iya semangat ngerjakan skripsi ya :)

      Delete