Thursday 13 June 2013

FACE: Syarat Ujian Skripsi Sastra Inggris

Sastra Inggris dalam hal pengajuan proposal dan ujian tesis (skripsi) mungkin berbeda dengan fakultas Universitas Jember yang lain. Saya akan bercerita sedikit tentang syarat-syarat wajib yang harus dilengkapi oleh mahasiswa Sastra Inggris sebelum mengerjakan tesis mereka. Waduuhh cerita tentang skripsi tapi saya sendiri sampai sekarang belum menyentuhnya sama sekali.. Macak sedih. Ini adalah rangkuman cerita yang saya amati sendiri dari pengalaman teman-teman saya. Ya, lebih enaknya cerita ini akan saya awali mulai dari proses pengajuan thesis proposal (proposal skripsi).

fakultas sastra unej
 
Jurusan Sastra Inggris dibagi menjadi dua konsentrasi yaitu Linguistics dan Literature. Dan persyaratan pengajuan proposalnya tidak jauh berbeda bahkan sama. Syarat wajib yang pertama adalah sudah melakukan KKN dan menunjukkan bukti sertifikatnya. Jadi bagi yang belum memiliki sertifikat KKN secara otomatis mereka belum bisa mengajukan proposal. Yang kedua adalah menghadiri seminar proposal 10 orang yang dibuktikan dengan form khusus, maksudnya harus hadir dalam seminar proposal 10 teman kita. Yang ketiga yaitu harus menyiapkan judul  skripsinya. Dan terakhir, harus memiliki sertifikat English Proficiency seperti TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan lain sebagainya dengan nilai minimal 450 (itu yang kemarin).

Nah, setelah semua persyaratan selesai, proses mengerjakan skripsi bisa langsung dimulai dengan bantuan dosen pembimbing masing-masing. Ujian skripsi pun sudah menunggu di depan mata, tetapi harus ada beberapa syarat lagi lho sebelum ujian. Selain nantinya diwajibkan membuat E-Journal, semua mahasiswa Sastra Inggris terhitung tanggal 1 Oktober 2013, WAJIB memiliki Formal Academic Competence of English (FACE). Nah lo, apa lagi tuh?

FACE itu ya sejenis dengan TOEFL yang dikeluarkan oleh Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember. Kalian tahu sekarang nilai minimalnya berapa? Yang kemarin minimal kan 450, kalau score FACE milik Sastra Inggris minimal 475. Keren. Oh iya, ada informasi tentang tes FACE nih. Yang ingin ikut tes, langsung saja mendaftar ke Mas Mahfud di Ruang Jurusan Sastra Inggris pada jam kerja. Tes FACE akan diselenggarakan setiap hari Jumat ke-2 dan ke-4 setiap bulan. Untuk biaya nya Rp 50.000,- per mahasiswa.

Oke, sekian dulu ya cerita nya tentang Sastra Inggris. Besok saya ceritakan lagi tentang Sastra, Universitas Jember.. Salam lestari..!

12 comments:

  1. Skripsi oh skripsi.................................................

    ReplyDelete
  2. hmmm
    there were times when I was fascinated, amazed when visiting a blog or website
    because that will add insight and knowledge I course. thanks for nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome. Thank you for visiting my blog. :-)

      Delete
  3. Hmm.. nice artikel mister.. salam kenal #bahasa Inggrise opo yo? hahaha

    I hope you like Dangdut haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya.

      Salam kenal juga LAdangduters... katanya Dangdut is the music of my country, jadi saya juga suka dangdut,. hehehe

      Salam lestari.!

      Delete
  4. jenis soal FACE sama kayak TOEFL juga kah mas??

    *jgn lupa brkunjung k blog saya yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya masih belum pernah ikut tes FACE, soalnya itu masih baru.hehehe

      Okee.. ;-)

      Delete
  5. lah brarti milu tes 2 kali gitu? yg satu toefl trus tmbah lagi face atau gimana?? hihii salam budaya >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mulai 1 Oktober wajib memakai FACE... :-)

      Delete
  6. saya mau tanya nih.. kalau mau ikut tes toefl tp sudah lulus boleh gak ya..? buat syarat cpns.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau di Sastra saya masih belum tau. Sepertinya di UPT Bahasa Unej bisa tes toefl untuk umum.

      Delete