Friday, 17 May 2013

UNEJ Buka SBMPTN 2013

sbmptn universitas jember

Ini dia yang dinanti oleh para siswa lulusan sekolah menengah atas, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dulunya bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SBMPTN 2013 adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara serempak oleh semua perguruan tinggi negeri (PTN) dalam satu sistem melalui ujian tulis. Siswa SMA sederajat yang boleh mengikuti SBMPTN  adalah lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011. Universitas Jember (Unej) sudah membuka pendaftaran ini mulai tanggal 13 Mei kemarin. Untuk mempermudah para calon pendaftar melaksanakan proses pendaftaran, Unej membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN 2013 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa sampai tanggal 7 Juni 2013.

Para calon pendaftar dapat mendaftarkan diri dengan cara membayar biaya ujian terlebih dahulu melalui Bank Mandiri dimana saja. Biaya pendaftaran untuk ujian kelompok sains dan teknologi (Saintek) dulunya dikenal sebagai kelompok ujian IPA dan sosial humaniora (Soshum) yang dulunya dikenal sebagai kelompok ujian IPS adalah 175 ribu rupiah, sementara untuk kelompok ujian campuran dulu IPC adalah 200 ribu rupiah. Peserta setiap kelompok ujian dapat memilih tiga program studi.


Setelah membayar di Bank Mandiri, calon peserta akan mendapatkan PIN yang digunakan untuk mendaftarkan diri secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. Sebelumnya siapkan dulu pas foto ukuran 4x6 cm dalam bentuk softcopy dengan ukuran file maksimal 100 KB dalam format JPG atau PNG. Setelah mendaftar secara online, jangan lupa menyimpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dan mencetaknya.

Ujian SBMPTN sendiri akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, 18 dan 19 Juni 2013, sementara pengumuman hasil ujian akan direncanakan pada tanggal 12 Juli 2013. Oh iya, untuk siswa lulusan tahun 2013 jangan lupa meminta Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari kepala sekolah dengan dilengkapi pas foto terbaru dan dibubuhi stempel sekolah karena dimungkinkan ijazahnya belum keluar.

Dari data tahun lalu, pendaftar yang minat masuk ke Unej melalui jalur ujian tulis mencapai 22.225 orang. Sedekar informasi, 30 persen kursi mahasiswa baru 61 PTN di Indonesia akan dipenuhi melalui jalur SBMPTN 2013. Sedangkan 50 persen diperoleh dari jalur SNMPTN yang kini tinggal menunggu pengumuman hasil kelulusannya. Sementara 20 persen sisanya diserahkan kepada tiap PTN melalui seleksi lokal atau seleksi mandiri.

Yang terakhir, bagi para calon pendaftar sebelum mendaftarkan diri sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu tentang program studi yang ditawarkan agar nantinya tidak ada kata-kata penyesalan seperti ini “dulu saya masuk sini gara-gara salah jurusan”. Karena hal tersebut masih banyak terjadi. Dan untuk calon pendaftar SBMPTN yang masih bingung tentang tata cara pendaftarannya silahkan melihatnya di laman http://www.sbmptn.or.id.

2 comments:

  1. Wah ini informasinya penting sekali untuk para lulusan tahun kemarin dan tahun tahun sebelumnya.

    Saya kalau mendaftar bisa gak ya?

    Karena saya lulusan kuno lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe lulusan tahun berapa? dicoba dulu :)

      Delete