Saturday 30 July 2011

Jangan Kelor

Pagi itu udara masih tetap seperti biasa, sangat dingin, rasanya males banget untuk bangun dari kasur empuknya Panaongan..hehehe Hari ini adalah jadwal aku pulang ke kampung halaman (Banyuwangi) karena aku pengen menikmati suasana awal Puasa di rumah. Untung ada Mbak Pritt yg menemani sepanjang perjalanan. Rencana awalnya pengen ngopi2 dulu di warung Watu Gudang, tapi gak jadi gara2 ada sebuah warung soto mungil yg sangat mengesankan dan menarik perhatian di pinggir jalan tepat sebelum memasuki wilayah Kumitir.

"Buk, soto 2 porsi, tambah es jeruknya 2 juga ya" pesen ku.
Tak terasa sudah 45 menit kami istirahat dan menikmati hidangan di warung soto itu. Rasa sotonya begitu MakNyuss, cobain dehh kalo gak percaya.

Tikungan2 tajam Gunung Kumitir telah terlewati dengan mulus. Sayangnya aspal di Kumitir tak semulus tikungannya, banyak jalan2 yg sudah mulai berlubang dan bergelombang. Sangat membahayakan pengendara tentunya. Mbk Pritt turun di Kalibaru untuk menghadiri suatu undangan di kantor Taman Nasional, sedangkan aku terus melanjutkan perjalanan.

***


Sesampainya di rumah, Nenek kesayanganku telah menyambutku dengan senyuman renta-nya. Rasa lelah setelah berkendara seakan memudar saat kulihat senyuman itu.
"Le, ayo makan dulu tadi mbah sudah masak jangan (sayur) kesukaanmu." kata Mbah.
" Wahh, iya mbah" jawabku senang.

Langsung saja ku ambil piring dan nasi, saat kubuka pancinya... woooww, ternyata Jangan Kelor telah menanti kehadiranku..hehe. Padahal tadi aku sudah makan banyak banget, tapi karena ini masakan spesialnya Mbah tanpa pikir panjang lagi segera ku santap Si Kelor.., eiitss tp ini bukan Kelor KTW sahabatku, ini tanaman. :-D

Segarnya Kelor ditemani dengan sambel di siang hari begitu mempesona....

Oia temen2 tau gak kalo Kelor itu memiliki manfaat lhoo. Beberapa diantaranya adalah Reumatik, Nyeri, Pegal Linu, cacingan, biduren (alergi), bahkan kelor ini juga bisa menyembuhkan luka bernanah.
Daun Kelor

Tuh kan selain bisa digunakan sebagai obat gratisan, kelor juga bisa dibuat sebagai hidangan yg menyegarkan.. Marilah kita makan "Jangan Kelor" sebagai sarana untuk melestarikan salah satu Masakan Nusantara...hehehe
selamat makaaann...

6 comments:

  1. wih baru tau aku mas.. jadi pingin coba

    ReplyDelete
  2. Asyik jangan kelornya..perjalanan pulang yg indah,.oh ya sampean Banyuwangi mana ?

    Asyik jangan kelornya..perjalanan pulang yg indah,.oh ya sampean Banyuwangi mana ?

    ReplyDelete
  3. Puh mak gak omong2 lek mari mlaku2 karo Mbak Prit? Aku kok gak di ajak?

    ReplyDelete
  4. Hmmm jangan kelor memang sedep. Apalagi kalo untuk berbuka puasa. Apalagi makannya di panaongan. Apalagi kalo Pak Sodhung mengadakan safari ramadhan. Wahhh.. ngiler.

    ReplyDelete
  5. Lha sip ini. Yuk safari ramadhan di panaongan. Pake sayur kelor, trus ngundang Mbak kelor hehehe...

    ReplyDelete
  6. @brigadirkopi: silahkan mencoba mas, pasti suegeerr..hehehe

    @kang sofyan: aq desa cluring kang.

    @bencot: la dirimu pas ndek tanggul Cot, ono Gam pisan. tapi arek e turu maneh.hehehe

    @masbro n panaongan.. uuwhh,. ide yg mantaap. kita safari ramadhan d panaongan ya mass.. kapan? siaap-siaapp ea..hehe

    ReplyDelete